Selasa, 10 April 2018

Komunikasi

Pengetian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. 
apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.

Bagian-Bagian Komunikasi
1.                  Komunikasi Intrapribadi
Komunikasi intrapribadi merupakan komunikasi yang berlangsung dalam diri kita yang meliputi kegiatan berbicara kepada diri kita sendiri dan kegiatan-kegiatan mengamati dan memberikan makna (intelektual dan emosional) kepada lingkungan kita.
2.                  Komunikasi Antarpribadi
Komunikasi antarpribadi yang diartikan sebagai relasi individual dengan orang lain dalam konteks sosialnya. Melalui proses ini individu menyesuaikan dirinya dengan orang lain lewat peran yang disebut transmitting dan receiving. Pada umumnya komunikasi antarpribadi menekankan komunikasi pada tingkat dua atau tiga orang, (dyadic/tryadic) karena kalau jumlah peserta lebih dari tiga orang maka komunikasi akan berubah menjadi komunikasi kelompok.
3.                  Komunikasi Kelompok
Komunikasi kelompok adalah interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih dengan tujuan yang telah diketahui, seperti berbagi informasi, menjaga diri, pemecahan masalah, yang mana anggota-anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota-anggotanya yang lain secara tepat.
4.                  Komunikasi Publik
Komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah besar orang (khalayak) yang tidak bisa dikenali satu persatu. Komunikasi demikian sering disebut pidato, ceramah atau kuliah umum. Beberapa pakar komunikasi menggunakan istilah komunikasi kelompok besar untuk komunikasi ini. Komunikasi publik biasanya berlangsung lebih formal dan lebih sulit dari pada komunikasi antarpribadi atau komunikasi kelompok, karena komunikasi publik menuntut persiapan pesan yang cermat, keberanian, dan kemampuan menghadapi sejumlah besar orang.
5.                  Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi merupakan pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi.
  
6.                  Komunikasi Massa

Komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (surat kabar dan majalah) atau elektronik (radio dan televisi), berbiaya relatif mahal, yang dikelola oleh suatu lembaga atau orang yang dilembagakan, yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar dibanyak tempat, anonim, dan heterogen. Pesan-pesannya bersifat umum, disampaikan secara cepat, serentak dan selintas (khususnya media elektronik) (mulyana, 2008: 77-84).   

Bagian-Bagian Komunikasi Daring beserta Contohnya
1. Komunikasi daring sinkron (serempak)
Komunikasi dalam jaringan serempak (sinkron) adalah komunikasi yang menggunakan media komputer, yang terjadi secara waktu nyata (real time). Contoh-contoh dari komunikasi daring sinkron antara lain sebagai berikut:

a. Text Chat (chatting)

Text chat adalah Sebuah pertukaran pesan verbal ditulis dalam lingkungan online atau elektronik synchronous dengan menggunakan fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung dengan sesame pengguna Internet yang  sedang  online  (sama-sama terkoneksi dengan internet).

Text Chat dapat mengirim pesan dengan teks kepada siapa saja yang sedang menggunakan internet, kemudian orang yang dituju membalas pesan tersebut dengan teks, dan seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

b. Video Chat (VidChat)
Video chat adalah komunikasi visual (satu-satu) antara dua pengguna internet. Contoh aplikasi yang digunakan seperti Skype,  Ini memungkinkan dua orang di seluruh dunia untuk melakukan panggilan video.

Untuk itu, bagi yang ingin melakukan Vidchat diwajibkan menggunakan komputer atau smartphone serta koneksi internet yang baik. Tidak hanya Skype FaceTime dan Google hangout juga bisa anda gunakan untuk video chat.

1 komentar: